Top

Penjelasan Mengenai Driver, Salah Satu Penunjang Kinerja Sebuah Komputer

Penjelasan Mengenai Driver, Salah Satu Penunjang Kinerja Sebuah Komputer

Komputer merupakan salah satu teknologi yang sampai sekarang masih dan semakin banyak digunakan di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya penggunaan komputer di dalam dunia kerja dan juga kegiatan pendidikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan komputer dapat membantu untuk mempermudah suatu pekerjaan yang biasa kita lakukan sehari-hari.

Dalam penggunaan komputer, tentunya kita semua sudah mengerti ada 3 aspek penting yang menjadi tumpuan utama di dalam menggunakan teknologi yang satu ini. Ketiga hal tersebut adalah, Hardware, Software, dan juga Brainware. ketiga hal tersebut merupakan sebuah sistem komputer yang memang harus ada agar komputer bisa bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Namun, selain ketiga hal tersebut ternyata terdapat satu hal lagi yang tidak kalah penting di dalam penggunaan sebuah komputer. Hal yang dimaksudkan disini adalah “Driver”. Yang mana driver ini sangat berpengaruh untuk kinerja hardware pada sebuah komputer agar nantinya dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Bisa dikatakan bahwa driver merupakan sebuah software yang berguna untuk melekatkan ataupun membuat sebuah hardware dapat bekerja dengan semestinya pada sebuah komputer. Oleh karena itu, driver merupakan salah satu hal yang juga penting di dalam penggunaan sebuah komputer.

Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas penjelasan hal-hal yang ada mengenai driver pada komputer. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Penjelasan Software, Hardware, Dan Juga Brainware

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai driver, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai tiga hal yang merupakan sebuah sistem komputer yang mempengaruhi kinerja pada sebuah komputer. Hal ini agar nantinya kita dapat lebih memahami tentang driver yang ada pada komputer.

Perlu untuk kita ketahui, walaupun bisa dikatakan sebagai software, pada kenyataannya adalah driver dan software merupakan dua hal yang berbeda. Untuk itu, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai software, hardware dan juga brainware.

Pengertian Software

Software merupakan salah satu hal penting yang berguna untuk menyempurnakan kinerja suatu komputer. Software biasa disebut juga dengan perangkat lunak yang terdapat atau terinstall pada sebuah perangkat komputer. Berbeda dengan hardware, software merupakan perangkat yang tidak terlihat secara nyata pada sebuah komputer.

Secara umum, Pengertian Sofware adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam komputer. Software atau perangkat lunak dapat berupa program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah.

Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware (perangkat keras). Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis atau diciptakan oleh programmer yang selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi sebuah kode yang nantinya akan dikenali oleh mesin hardware.

Pengertian Hardware

Selanjutnya merupakan pengertian dari hardware atau perangkat keras yang ada pada sebuah komputer. Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).

Pengertian Brainware

Yang terakhir adalah pengertian dari Brainware. Bisa dikatakan bahwa brainware merupakan hal yang terpenting dalam sebuah sistem komputer. Yang mana tanpa adanya brainware maka sala saja dengan pesawat tanpa pilot. Maksudnya adalah, tanpa adanya brainware, sebuah komputer yang bagus sekalipun tidak akan berguna jika tidak ada otak yang menjadi dalang penggunaannya.

Brainware adalah orang yang sedang menggunakan atau memakai ataupun sedang mengoprasikan perangkat komputer. Contoh Brainware adalah programmer, netter (itu adalah sebutan dari orang yang sedang melakukan surfing di dalam internet), dan orang yang sedang menjalankan komputer. Atau bisa juga di definisikan sebagai manusia yang sedang menjalankan atau sedang mengoprasikan sebuah komputer dan mengatur system komputer tersebut.

Apabila Hardware dan Software komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware untuk mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang tidak memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi, Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.

Apa Itu Driver

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, driver merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada sebuah komputer agar nantinya hardware yang ada bisa bekerja sesuai dengan tujuan utama penggunaannya. Driver bisa dikatakan juga sebagai software pendukung yang digunakan untuk mengatur kinerja dari hardware tertentu yang ada pada sebuah komputer.

Pengertian driver pada dasarnya adalah pengendali perangkat keras. Driver merupakan sebuah istilah bahasa teknologi informasi yang mengacu pada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer.

Driver adalah sebuah software yang bisa menghubungkan antara hardware dengan komputer. Driver digunakan oleh sistem operasi untuk berkomunikasi dengan hardware dari driver itu. Hardware yang terhubung dengan komputer kamu seringkali dibilang khusus karena itu Windows tidak dapat terhubung secara langsung tanpa adanya driver, misalkan saja scanner atau printer. Driver bertindak sebagai penerjemah antara sistem operasi dan hardware yang digunakan di komputer tersebut.

Driver pada komputer adalah komponen software yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara Sistem Operasi dan Hardware. Secara fundamental ketika sebuah aplikasi mengakses data dari sebuah hardware, pertama aplikasi tersebut memanggil function yang dapat diimplementasikan oleh sistem operasi.

Keberadaan driver dalam suatu perangkat komputer adalah sebagai komponen penunjang yang bersifat khusus. Dikatakan khusus karena dengan adanya driver maka terjadi interaksi antara suatu komputer dengan hardware – hardware seperti Wi-Fi, LAN, Printer, Mouse, Keyboard atau bahkan dengan sistem – sistemnya seperti BIOS atau VGA.

Hal ini dilakukan karena pada dasarnya meskipun komputer memiliki kecerdasan dan aturan yang terstruktur namun tetap harus disertai suatu panduan agar kinerjanya dapat berjalan lebih optimal. Salah satu contoh penerapan driver adalah ketika mengoptimalkan kinerja VGA atau Video Graphics. Sebelum terinstall driver VGA biasanya komputer akan lebih boros karena setting VGA-nya kurang optimal, namun setelah terinstall maka pencahayaan pada layar kamu akan lebih redup atau terkontrol sehingga laptop atau PC kamu tidak terlalu boros.

Mengingat driver berinteraksi antara hardware, software dan sistem operasi maka pada setiap spesifikasi komputer dan OS yang terpasang tentu memerlukan jenis driver yang berbeda – beda. Biasanya kita dapat mendownload driver pada website resmi merk komputer kita seperti ASUS, Lenovo, HP, Dell dan lain – lain. Hal ini sudah menjadi kebijakan dari penyedia komputer sebagai support atau komponen pendukung sehingga dapat di download secara gratis.

Tidak semua device driver dibuat oleh manufaktur dari hardware yang bersangkutan. Namun beberapa driver dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan hardware dalam lingkup yang sama. Ini berarti driver dapat dibuat oleh pihak lain misalkan Microsoft dapat membuat driver standar untuk menjalankan hardware keyboard.

Tidak semua device driver dapat langsung berkomunikasi dengan hardware. Ini berarti driver bersangkutan tidak dapat membaca data dengan kode binary I/O untuk membaca secara langsung data dari suatu hardware. Secara fundamental driver jenis ini bergantung terhadap driver primer yang dapat berkomunikasi langsung dengan hardware bersangkutan. Driver jenis ini akan memanipulasi perintah ke driver yang lain.

Beberapa device driver jenis filter hanya merekam perintah I/O sistem operasi kepada driver primer untuk membaca data dari hardware secara langsung. Misalkan driver Dolby digital akan meminta bantuan kepada sound driver untuk melakukan perintah kepada sound card mengirimkan visualisasi suara yang dapat dilakukan oleh sound card tersebut.

Device Driver pada sistem operasi bekerja secara langsung dengan Hardware. Namun ada driver yang bekerja untuk software tertentu hingga dapat bekerja dengan baik menggunakan manipulasi perintah binary kepada prosesor. Driver jenis ini disebut dengan Software Driver.

Software Driver adalah driver yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara aplikasi dengan Sistem Operasi di tingkat Kernel. Kernel Sistem Operasi merupakan sistem inti (core oparating system data) yang hanya dapat dibaca oleh driver yang mempunyai hak akses sertifikat, dimana driver tersebut dapat membaca data inti tanpa harus melewati sistem enkripsi sistem operasi. Berbeda dengan virus pada komputer yang dapat membobol hak akses ini, Software driver mengaksesnya secara legal. Software driver biasanya digunakan oleh Anti-Virus untuk bekerja.

Software Driver selalu bekerja di kernel mode. Yang membedakannya dengan device driver adalah device driver tidak selalu bekerja di kernel mode. Umumnya device driver hanya bekerja pada user mode. Sehingga device driver tidak terlalu memerlukan sertifikat khusus dari sistem operasi yang bersangkutan untuk bekerja dengan baik.

Bisa dibilang menupdate driver itu perlu dilakukan namun ada kalanya juga tidak perlu dilakukan. Secara default Windows sudah menyertakan driver-driver yang penting yang terhubung dengan komputer kamu. Contohnya saja seperti driver mouse, keyboard, monitor, dsb.

Sayangnya ada beberapa driver di Windows yang tidak mendukung fitur advance ketika kamu menggunakan hardware baru. Karena itu kamu harus mendownload atau menginstall driver itu sendiri, yang tentu harus cocok dengan hardware yang kamu gunakan. Biasanya ketika kamu membeli hardware tersebut, driver telah disertakan dengan bentuk berupa CD atau DVD.

Kadang-kadang perusahaan hardware juga merilis versi terbaru untuk driver dan memperbaiki bug yang ada, meningkatkan kinerja, meningkatkan kestabilan komputer, atau menambahkan beberapa fitur baru. Ketika driver ini sudah dirilis dan direkomendasikan untuk kamu, itulah saatnya kamu mengupdate driver kamu.

Fungsi Driver

Seperti yang sudah kita ketahui melalui penjelasan sebelumnya, driver berguna agar sebuah hardware yang ada pada komputer bisa bekerja sesuai dengan tujuan utama penggunaannya. Dengan adanya driver maka penggunaan komputer bisa sesuai dengan sebagaimana mestinya tanpa ada masalah yang berarti.

Fungsi utama driver komputer adalah menyediakan transparansi dan bertindak sebagai penerjemah perintah antara hardware dengan sistem operasi atau aplikasi. Pembuat aplikasi dapat mengontrol hardware dengan mudah cukup dengan mengimplementasikan API(Application programming interface) yang disediakan driver dengan bahasa program yang lebih tinggi.

Dalam dunia komputer driver bertugas sebagai penerjemah komunikasi antara perangkat keras itu sendiri dengan sistem operasi, perlu diketahui setiap perangkat keras di komputer berbicara / bekerja dengan cara dan bahasanya sendiri (bertindak menggunakan command yang distandarkan). Sedangkan semua perangkat yang terpasang ke komputer harus bisa berkomunikasi dengan sistem operasi agar perangkat bisa digunakan.

Untuk itulah driver diperlukan sebagai media penerjemah antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. Misalnya kita mengetik menggunakan keyboard sebagai input dan menggunakan software ms.word kemudian untuk mencetak tulisan yang ada di ms.word kita menggunakan printer.

Agar ketukan keyboard muncul di aplikasi ms.word sebuah driver keyboard harus diinstall agar ms.word bisa mengerti apa yang diketikan keyboard. Dan untuk bisa mencetak ke printer sebuah driver printer diperlukan agar printer mengerti apa yang diperintahkan oleh ms.word agar printer mencetak data sesuai tampilan di layar ms.word.

Meskipun bersifat sebagai software namun suatu driver memiliki fungsi khusus tersendiri yang berkaitan dengan hardware ataupun OS komputer kamu. Fungsi driver adalah sebagai panduan atau pengendali agar komputer kamu dapat mengenali serta menjalankan hardware yang sudah terpasang sebelumnya.

Kinerja driver dalam suatu komputer diibaratkan sebagai sebuah buku panduan untuk masing – masing jenisnya, apabila driver LAN berarti seperti buku panduan untuk menjalankan fungsi LAN secara optimal, jika yang diinstal adalah driver VGA berarti seperti buku panduan untuk mensetting VGA secara optimal agar komputer tidak terlalu boros.

Bahkan seringkali ditemukan suatu perangkat tidak dapat dijalankan seperti Wi-Fi, Bluetooth dan lain – lain. Hal ini bisa jadi diakibatkan driver yang belum terinstall atau belum diupdate. Kegiatan install ulang OS juga biasanya disertai dengan install driver agar lebih memudahkan konsumennya. Dengan melihat realitas ini maka dapat dipastikan fungsi driver memang sangat penting terutama dalam pengoperasian perangkat – perangkat komputer kamu.

Contoh Software Instalasi Driver

Biasanya setelah melakukan instalasi Sistem Operasi pada sebuah komputer, maka komputer tersebut tidak akan langsung segera bisa digunakan. untuk itulah maka dibutuhkan yang namanya driver agar perangkat-perangkat yang ada pada komputer tersebut bisa digunakan sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Biasanya, untuk menginstall driver pada sebuah komputer sudah banyak tersedia driver komputer yang ada dalam bentuk CD. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa ada banyak jenis driver yang bisa kita gunakan untuk kita install pada perangkat komputer kita.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh software yang bisa kita gunakan untuk proses instalasi dariver pada komputer.

  • DriverPack Solution

Yang pertama adalah suatu software bernama Driver Pack Solution. Sesuai namanya software buatan Artur Kuzyakov beserta timnya ini menjadi solusi terbaik untuk kamu yang menginginkan adanya software driver pack terbaik.

Setelah terpasang software ini akan langsung menganalisa komputer kamu dan langsung memberi opsi driver terbaik sesuai kebutuhan. Dengan adanya database driver yang unik serta kemampuan Machine Learning yang mampu menginstall driver secara otomatis, tentunya menjadi alasan yang kuat untuk memilih software Driver Pack Solution ini.

  • Driver Booster

Software berikutnya selain mampu mengupdate driver juga dapat lebih meningkatkan performa hardware pada komputer kamu. Nama software ini adalah Driver Booster dan menjadi solusi terbaik bagi kamu khususnya pecinta game karena performa spesialnya. Dengan Driver Booster ini kamu dapat melakukan Tweaking untuk keperluan game kamu, selain itu kemampuan updater-nya juga cukup aman karena secara otomatis menginstall driver terbaru dan uninstall driver lama.

  • DriverMax

Software driver pack yang satu ini memang tergolong sederhana namun mampu memberikan performa maksimal dengan selalu mengupgrade driver – driver yang ada pada komputer kamu. Dengan menggunakan DriverMax kamu tidak perlu repot – repot mencari driver satu persatu karena hal itu sudah menjadi bagian tugasnya untuk kemudian diinstall.

  • Driver Easy


Sesuai dengan namanya, Driver Easy ini mampu memberikan kemudahan bagi kamu untuk mengelola serta mengupdate driver – driver yang ada di komputer. Dengan kemampuan Scan and Update layaknya antivirus namun pada Driver Easy ini Scan dilakukan untuk menampilkan driver – driver yang perlu update.

Demikianlah penjelasan mengenai driver, salah satu hal yang menjadi penunjang kinerja yang ada pada sebuah komputer. Selain Software, Hardware dan juga Brainware, driver sangat berguna agar kinerja sebuah komputer bisa berjalan sesuai dengan tujuan utama penggunaannya.

Driver sangat berfungsi agar software dan hardware yang terdapat pada sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan baik. Perlu diingat juga bahwa driver pada komputer juga butuh untuk melakukan update agar kinerja komputer semakin baik dan juga mengurangi bug yang ada.