Top

Bertahan, Inilah Teknologi Yang Masih Digunakan Sampai Sekarang

Bertahan, Inilah Teknologi Yang Masih Digunakan Sampai Sekarang

Tak bisa dipungkiri lagi betapa banyaknya teknologi-teknologi baru yang bermunculan di dunia ini. Semua terasa lebih simple dengan adanya teknologi-teknologi terkini. Akan tetapi, bagaimana dengan teknologi zaman dulu ya? Apakah sudah punah atau masih dipakai sampai sekarang ini? Nah ternyata tak semua teknologi lama itu dilupakan begitu saja lho, karena ada beberapa yang jadul masih digunakan sampai sekarang. Pengen tahu kan lebih lanjutnya? Yuk, ikuti terus artikel berikut.

Pengertian Teknologi

Teknologi adalah sebuah pengetahuan yang ditujukan untuk menciptakan alat, tindakan pengolahan dan ekstraksi benda. Atau bisa juga disebut sebagai kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi secara signifikan mempengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka.

Kata “teknologi” berasal dari bahasa Inggris yaitu “technology” dan juga berasal dari bahasa Yunani yaitu “technologia” yang diambil dari kata ”techne” yang berarti wacana atau seni. Pada umumnya manusia seringkali menyangkutpautkan teknologi dengan dengan mesin atau sifat teknisi lainya yang mana dapat mempermudah pekerjaan seseorang.

Pada pertengahan era ke-20, manusia sudah menjangkau kecukupan teknologi untuk kali pertama meninggalkan atmosfer Bumi dan menjelajahi ruang angkasa. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.

Teknologi sudah merubah orang-orang serta sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi sudah membantu melakukan perbaikan ekonomi (termasuk juga ekonomi global saat ini). Namun tak sedikit juga sistem teknologi membuahkan produk sampingan yang tidak diinginkan yang disebut pencemar, menguras sumber daya alam, merugikan serta mengakibatkan kerusakan Bumi dan lingkungannya.

Teknologi bisa dilihat sebagai aktivitas yang membuat atau merubah kebudayaan. Di luar itu, teknologi yaitu terapan matematika, sains serta beragam seni yang bermanfaat untuk kehidupan seperti yang di kenal sekarang ini. Suatu contoh modern yaitu bangkitnya teknologi komunikasi yang mengurangi kendala untuk interaksi sesama manusia serta sebagai hasilnya sudah membantu melahirkan sub-sub kebudayaan baru. Bangkitnya budaya dunia maya yang berbasiskan pada perkembangan Internet serta komputer.

Kita semua harus berterima kasih kepada para ilmuwan yang telah mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi tersebut sehingga kita dapat menikmatinya sampai sekarang ini. Teknologi informasi dan komunikasi di masa lampau, masa di mana manusia belum mengenal yang namanya teknologi.

Difungsikan sebagai suatu metode untuk melakukan pengenalan terhadap bentuk-bentuk yang terlihat dan dikenali hal itu terbukti dengan adanya lukisan-lukisan pada dinding-dinding gua yang berkaitan dengan berburu dan binatang buruan. Pada masa itu, bentuk komunikasi masyarakatnya hanya terbatas pada bentuk suara, dengusan dan isyarat anggota badan.

Namun sesuai dengan perkembangannya, mulai diciptakan dan dikreasikan alat-alat yang dapat menimbulkan dan menghasilkan suara serta bunyi-bunyian seperti halnya isyarat gendang, isyarat terompet dan isyarat asap (popular digunakan oleh suku indian di benua Amerika zaman dahulu) dan isyarat-isyarat lainnya.

Tidak bisa dimungkiri bila perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu cepat. Hal semacam ini bisa dibuktikan dengan adanya banyaknya inovasi-inovasi yang sudah dibuat di dunia ini. Dari yang sederhana sampai yang menghebohkan dunia.

Sesungguhnya teknologi telah ada mulai sejak zaman dulu, yakni zaman romawi kuno. Perubahan teknologi berkembang dengan cara mencolok serta selalu berevolusi sampai saat ini. Sampai membuat objek-objek, teknik yang bisa membantu manusia dalam pengerjaan suatu hal lebih efektif dan cepat.

Manfaat Teknologi

Beberapa contoh teknologi adalah teknologi informasi, teknologi medis, bioteknologi, dll. Saat ini, teknologi telah menjadi sesuatu yang tak lagi asing dalam hidup manusia, bahkan bisa dibilang bahwa manusia sama sekali tak bisa lepas dari teknologi. Hampir setiap hari bahkan setiap detiknya, seseorang akan selalu bersinggungan dengan teknologi. Nah berikut ini merupakan beberapa manfaat dari teknologi untuk kehidupan manusia:

  • Peran teknologi dalam komunikasi

Dari komputer, tablet sampai ponsel layar sentuh, kemajuan teknologi di bidang komunikasi tidak terbatas. Bisa dibayangkan beberapa tahun yang lalu, orang masih menggunakan surat untuk berkomunikasi, lalu setelah itu muncul telepon kabel. Sekarang ini, surat tidak lagi sekedar secarik kertas, tapi bisa dalam bentuk media elektronik, yaitu email.

Selain itu beberapa manfaat dari kemajuan teknologi di bidang komunikasi lainnya adalah:

  1. Kecepatan: waktu tidak lagi menjadi kendala dalam komunikasi
  2. Kejelasan: Dengan gambar megapiksel dan video, serta kejelasan audio dalam komunikasi telah menjadi pengalaman yang tidak pernah ada sebelumnya
  3. Kedekatan: kemajuan teknologi telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih kecil untuk di tinggali
  4. Penyebaran: penyebaran informasi, penyiaran berita atau berbagi pengetahuan, teknologi telah membuatnya menjadi lebih cepat, lebih mudah dan lebih singkat.
  • Peran teknologi dalam bisnis

Teknologi saat ini merupakan bagian integral dari bisnis apapun langsung dari pembelian komputer dan perangkat lunak untuk pelaksanaan jaringan dan alat keamanan. Hal ini membantu perusahaan untuk:

  1. Tetap up-to-date
  2. Bisnis perjalanan lebih maju
  3. Mempertahankan dan bertahan kompetisi
  4. Bagi perusahaan, mereka tidak perlu membuka cabang distribusi yang terlalu banyak
  5. Meringakankan biaya pengeluaran marketing dan gaji karyawan
  6. Bagi konsumen, mereka dapat membeli barang yang dibutuhkan secara luas dan dengan pilihan yang beragam
  7. Menghemat waktu dan biaya transportasi karena tidak perlu mendatangi toko secara langsung
  8. Harga barang biasanya relatif lebih murah dari pada di toko dalam kasus-kasus tertentu

Banyak bisnis menggunakan teknologi untuk skala dan tumbuh besar. Usaha kecil telah menggunakan teknologi untuk menciptakan cara-cara baru untuk bersaing dengan perusahaan mapan. Untuk beberapa hal, beberapa teknologi bisnis dapat membuat perusahaan kecil terlihat seperti sebuah perusahaan besar dan ini dapat membantu posisi memperoleh keuntungan usaha kecil di pasar yang kompetitif.

  • Peran teknologi dalam kesehatan

Hal itu bisa dilihat dengan sangat jelas sekali dalam berbagai peralatan pengobatan, mulai dari peralatan sederhana hingga peralatan operasi serta peralatan lainnya. Misalnya saja, telah berkembang peralatan untuk melakukan scanning, baik itu dengan sistem gelombang suara atau lainnya. Selain peralatan tersebut, perkembangan teknologi juga mendukung adanya perkembangan berbagai jenis obat, sehingga obat pun bisa lebih efektif dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain itu beberapa manfaat dari teknologi dalam kesehatan lainnya adalah:

  1. Biaya dan menghemat waktu: Dokter bisa ikut memberikan saran dengan cara berkomunikasi lewat internet dengan pasiennya. Cara ini menghemat biaya dan waktu dengan mengurangi kunjungan ke klinik.
  2. Perangkat medis: alat bantu medis memungkinkan pasien untuk melanjutkan pemulihan di rumah sehingga mengurangi mereka untuk tinggal di rumah sakit.
  3. Ramah lingkungan: Teknologi memungkinkan dokter dan pasien untuk berinteraksi dalam lingkungan yang aman dan nyaman untuk membahas isu-isu sensitif.
  4. Fleksibilitas: Dokter dapat menjawab pertanyaan rutin dan kurang kritis pada waktu yang tepat.
  • Peran teknologi dalam pendidikan

Seperti yang telah diketahui, saat ini pendidikan semakin maju. Hal ini tentunya tak lepas dengan adanya peran internet yang memungkinkan setiap pelajar mengakses berbagai jenis informasi secara cepat dan mudah. Bagi penyelenggara pendidikan, setidaknya akan mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya.

Selain itu juga bisa memungkinkan mereka menjangkau peserta didik yang berada jauh dari tempatnya via program pembelajaran jarak jauh atau virtual. Seorang pelajar hanya perlu membuka internet dan mencari di web berbagai informasi yang dibutuhkan. Selain itu, adanya komputer juga memungkinkan siswa untuk belajar lebih mudah.

Teknologi Jadul Yang Masih Bertahan Sampai Sekarang

Teknologi merupakan sarana yang digunakan manusia untuk memudahkan aktivitas sehari-hari entah itu bekerja, berkomunikasi, menikmati hiburan dan sebagainya. Teknologi terus berevolusi menjadi semakin canggih sehingga membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah.

Akan tetapi, masih ada beberapa teknologi yang masih bertahan sampai sekarang meskipun sudah banyaknya teknologi terbaru seperti berikut ini:

  • Mesin Fax

Mesin fax merupakan teknologi yang digunakan untuk mengirim suatu berkas fisik baik itu tulisan maupun gambar dengan cara melakukan scan pada berkas tersebut untuk diterima melalui mesin fax tujuan atau printer. Teknologi ini sebenarnya merupakan teknologi yang sudah lama, namun masih banyak digunakan karena dianggap sangat membantu ketika seseorang ingin mengirim berkas fisik yang tidak memiliki format digital. Kalian bisa melihat mesin fax ini di kantor pos atau di beberapa kantor pemerintahan dan perbankan. Ya seolah lupa bahwa scan dan kirim dokumen via email sekarang bisa dilakukan dengan mudah.

  • Pager

Banyak anak muda yang tak tahu apa itu pager. Gimana tidak? Penyebabnya tentu karena kehadiran smartphone. Meski demikian masih ada orang yang menggunakannya. Mulai dari dokter, insinyur nuklir, pemadam kebakaran dan para pengamat burung.

  • Kaset

Sejak keberadaan ponsel dan laptop, kebanyakan dari kita beranggapan jika kaset sudah tak digunakan lagi. Kenyataannya, pesanan masih saja bermunculan. Meskipun tersingkir, rupanya masih terdapat sejumlah orang yang menggunakan kaset pita ini seperti mereka yang ingin bernostalgia dengan lagu-lagu zaman dulu yang umumnya lebih banyak disimpan dalam kaset pita.

  • Disket

Disket atau Floopy Disk adalah teknologi canggih di zaman 1980-an, ketika pengguna hanya dapat menyimpan beberapa kilobytes data. Sekarang, disket telah tergantikan dengan USB berkapasitas puluhan GB. Walaupun begitu, penurunan tren ini tidak menghentikan penjualan disket. Sony misalnya, pada 2009 menjual 12 juta unit disket ke konsumen.

Pembeli utama dari disket adalah perusahaan yang masih tetap menggunakan komputer versi lama karena keterbatasan biaya. Sebagai contohnya adalah perusahaan Nuklir asal Amerika Serikat masih menggunakan disket untuk menyimpan datanya.

  • Camcorder

 

Camcorder merupakan perangkat teknologi yang tercipta dari hasil penggabungan kamera dan perekam. Camcorder sendiri sudah ada sejak 1980 dengan menggunakan pita sebagai media penyimpanan. Namun, belakangan ini media penyimpanan camcorder berevolusi menjadi kartu memori yang lebih kecil dengan kapasitas yang lebih besar.

  • Monitor Tabung

Monitor tabung merupakan jenis monitor komputer yang memiliki layar cembung. Monitor ini tergolong lumayan berat dengan ukuran yang cukup besar sehingga cukup merepotkan jika dipindahkan. Keberadaan monitor tabung ini sendiri mulai tergusur oleh monitor LCD. Namun di beberapa tempat seperti warnet dan kantor pemerintahan, kalian masih bisa melihat monitor tabung ini digunakan dengan alasan untuk menghemat biaya pembelian monitor baru.

  • SMS

Siapa diantara kalian yang dulunya sering smsan sebelum memiliki smartphone yang bisa kirim BBM dan WHATSAPP? Ya, dulu tidak ada cara lain yang lebih populer untuk berkomunikasi teks via mobile selain melalui SMS. Namun seiring dengan mulai banyaknya aplikasi chat dan messaging seperti BBM, WhatsApp, Line, Skype, Email, Twitter, Facebook Messenger dan sebagainya, penggunaan SMS memang sudah banyak berkurang.

Tetapi berbagai opsi internet messaging dengan segala kecanggihannya tersebut masih belum mampu menghilangkan SMS dari genggaman setiap pengguna smartphone. Seringkali pengguna smartphone masih menggunakan SMS, jika jaringan internet lagi susah ataupun kuota internet sudah mulai habis.

  • Windows XP

Sang legenda ini nampaknya cukup sulit untuk benar-benar hilang dari peredaran. Meskipun Microsoft sudah menghentikan support, patch dan update bagi Windows XP, banyak kalangan masih enggan beralih dari OS tua ini. Perkantoran, fasilitas usaha, fasilitas umum dan pemerintahan, pertokoan sampai warnet dan sekolah masih banyak yang menggunakan OS ini. Bahkan yang lebih greget lagi, mesin ATM maupun kalangan perbankan juga masih ada yang menggunakan OS ini. Tak ketinggalan juga angkatan laut AS dan Inggris pun masih menggunakannya.

  • Teknologi Dial-Up

Teknologi dial-up merupakan teknologi untuk terkoneksi ke internet dengan menggunakan perangkat modem dan sambungan kabel telepon dengan kecepatan yang sangat terbatas. Meskipun kecepatannya terbatas, teknologi ini masih digunakan di sejumlah wilayah yang tidak terjangkau teknologi broadband.

Demikianlah penjelasan seputar teknologi beserta teknologi zaman dulu yang masih ada sampai sekarang. Nah apakah diantara kalian ada yang masih menggunakan salah satu teknologi jadul di atas? Ya, meskipun dibilang sudah sangat lama tetapi bukan berarti benda-benda di atas tersebut tidak bisa digunakan. Nah semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua ya…