Top

Jenis Dan Komponen Serta Cara Kerja Mesin Mobil

Jenis Dan Komponen Serta Cara Kerja Mesin Mobil

Untuk menggerakkan suatu kendaraan terutama mobil, mesin sangat berperan penting dalam hal tersebut. Ini artinya apabila sebuah mobil tidak memiliki mesin, maka mobil tersebut tidak dapat digunakan atau berfungsi sebagaimana mestinya. Walaupun sangat banyak perangkat mobil yang terpenting, tetapi yang lebih utama adalah mesinnya. Jadi, kesimpulan dari mesin mobil disini adalah sebagai alat penggerak kendaraan beroda empat yang didukung oleh adanya bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesin.

Jenis-Jenis Mesin Mobil

Dari sedikit penjelasannya, mesin mobil dikatakan memiliki berbagai macam jenis seperti yang ada dibawah ini.

A. External Combustion (E.C.)

Mengapa disebut sebagai mesin (E.C.)? Ini dikarenakan jenis mesin yang satu ini biasanya melakukan yang namanya kombusi atau pengapian diluar box mesin.

Secara umum, jenis mesin ini dikatakan menggunakan hawa panas yang berasal dari pembakaran untuk mengubah suatu cairan hingga menjadi uap. Setelah uap dibentuk, uap juga akan digunakan untuk pemutar turbin sebagai sumber tenaga.

Sifat dari mesin ini yang sebenarnya adalah fleksibel karena kemampuannya dalam mematangkan atau mengolah sifat benda yang padat, cair atau gas untuk dijadikan tenaga.

B. Internal Combustion (I.C.)

Ini adalah jenis mesin mobil yang kebalikan dari (E.C.) dimana internal combustion melakukan pembakaran dalam silinder mesin. Mesin ini dikatakan sumber tenaganya hampir sama dengan jenis mesin E.C yang memanfaatkan suhu tinggi yang berasal dari kombusi menjadi tenaga untuk menggerakkan piston atau sebagai penggerak roda.

Walaupun dikatakan sama dalam sumber tenaga, tetapi bedanya E.C dengan I.C dimana E.C banyak memakan atau boros dari segala jenis bahan bakar. Dan I.C bekerja hanya menggunakan bahan bakar gas dan cair seperti bensin dan sola.

Jenis mesin mobil berdasarkan stroke, pukulan atau tak

Selain dari jenis mesin mobil yang ada diatas, ada juga jenis atau tipe mesin mobil lain yang berdasarkan Stroke, pukulan atau tak. Dari taknya, juga dapat terbagi menjadi 2 bagian yaitu:

1. Mesin dua langkah (two stroke atau 2 tak)

Seperti apa yang kita ketahui, mesin dua tak biasanya sangat menonjol pada jenis kendaraan beroda dua seperti seperti F1ZR, Yamaha RX King atau Bravo dan masih banyak lagi yang lainnya. Dibalik itu, tahukah kamu ternyata pernah ada mobil dengan mesin dua tak seperti Mitsubishi Minicab dan Suzuki Truntung.

Pada mesin dua tak dimana secara umum mesin dua tak dengan piston yang akan naik-turun setiap kali ingin melakukan pembakaran. Dari setiap pergerakan piston, dikatakan akan menghasilkan banyak torsi sehingga mesin cepat beraktivitas.

2. Mesin empat langkah (four stroke atau 4-tak)

Selain mesin dua tak, ada juga mesin empat tak dimana mesin empat tak dalam setiap melakukan pembakaran dengan pistonnya yang akan naik dan turun secara terus menerus. Jika dibandingkan dengan dua tak, jenis mesin mobil empat tak dikatakan memiliki tenaga yang lebih besar serta ketahanannya yang tidak diragukan. Biasanya jenis mesin ini pada umumnya banyak dipakai oleh kendaraan beroda empat dari mobil hingga truk.

Mesin mobil berdasarkan desainnya

Lain dari itu, ada juga jenis mesin mobil berdasarkan desainnya. Dan bagaimakah jenis mesin mobil tersebut? Berikut uraiannya.

1. Reciprocating engine (piston engine)

Ini adalah jenis mesin yang sistem geraknya juga mengandalkan maju mundur atau naik turunnya piston dalam silinder yang dapat memberikan tekanan. Dari adanya tekanan tersebut, maka menghasilkan pembakaran atau yang disebut sebagai kombusi.

Maka dari itu, adanya pergerakan piston sangat diandalkan pada seluruh komponen pengapian. Dari pergerakan piston yang naik turun akan mengubahnya menjadi rotary yang menggunakan bantuan crank shaft. Dari adanya gerakan berputar inilah menghasilkan tenaga yang mengakibatkan suatu kendaraan terutama mobil untuk bergerak atau berjalan.

2. Rotary Engine (wangkel engine)

Siapa sih yang tidak mengenal dengan jenis kendaraan Mazda RX-8? Kendaraan beroda empat inilah yang konon katanya pernah menggunakan jenis mesin yang tidak pernah digunakan oleh jenis mobil lainnya.

Sesuai dengan namanya, jenis mesin mobil yang satu ini dimana cara kerjanya tergantung dari sebuah rotor yang bergerak bebas. Tekanan rotor dikatakan berasal dari pembakaran sehingga mengakibatkan pergerakan sehingga mengubahnya menjadi energi dan inilah yang mengakibatkan roda mobil mengalami pergerakan.

Mesin mobil berdasarkan bahan bakarnya

Ada juga jenis mesin mobil yang berdasarkan bahan bakarnya seperti apa yang dijelaskan dibawah ini.

1. Mesin Diesel

Biasanya, jenis mesin mobil ini sangat mengandalkan solar untuk dijadikan sebagai bahan bakar. Berhubungan dengan tenaganya yang besar, mobil yang menggunakan mesin seperti ini biasanya mobil angkutan. Tetapi, juga sering terdapat pada mobil pribadi seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Kijang atau pun Isuzu yang dianggap sebagai raja diesel.

2. Mesin Bensin

Umumnya setiap kendaraan pasti memerlukan bahan bakar dan salah-satu bahan bakar yang umum digunakan adalah Bensin. Jenis mesin mobil ini biasanya digunakan oleh mobil atau angkutan umum atau angkot. Jenis ini dikatakan sangat mudah melakukan pembakaran.

3. Mesin Barbahan Bakar Gas

Penting untuk anda ketahui, ini adalah jenis mesin mobil yang menggunakan bahan bakar CNG atau LPG. Walaupun belum banyak yang menggunakan bahan bakar seperti ini di Indonesia, tetapi pernah mengalami perubahan bahan bakar dari bensin menjadi Gas.

4. Mesin Listrik

Seperti apa yang kita ketahui, biasanya mesin listrik kebanyakan digunakan oleh sepeda motor. Walaupun kini sudah jarang terlihat dan digunakan, bukan berarti perkembangannya hanya sampai disitu saja. Mesin listrik dikatakan sangat ramah lingkungan karena tidak melalui proses pembakaran dari bahan bakar. Dan yang diandalkan oleh mesin listrik ini adalah tenaga listrik yang dijadikan sebagai sumber gerak khususnya pada roda.

Mesin mobil berdasarkan posisi silinder

Mesin mobil ada juga yang jenisnya berdasarkan posisi silinder. Lalu, bagaimakah wujud dari jenis mesin mobil tersebut? Berikut penjelasannya.

1. In-line Engine

Perlu untuk anda ketahui, yang menjadi keandalan dari jenis mesin mobil yang satu ini adalah silinder. Jenis mesin inilah disebut-sebut yang banyak digunakan oleh jenis mobil yang ada dipasaran.

2. V-Type Engine

Mesin V adalah jenis mesin mobil yang menggunakan dua box silinder sesuai dengan mesinnya. Masing-masing Box silinder dikatakan terdiri dari beberapa piston misalnya jenis mesin V6 yang artinya didalam Box memiliki 3 piston.

3. W-type Engine

Dari namanya saja bisa ditafsirkan bahwa jenis mesin mobil ini bisa memberikan kecepatan yang sangat luar biasa. Ini dikarenakan pembuatan mesin tersebut dimana pistonnya dapat terbagi menjadi beberapa bagian seperti mesin W12 dimana setiap boxnya diisi oleh 4 silinder dan 4 piston.

4. Radial Engine

Ini juga disebut sebagai jenis mesin mobil yang juga mengandalkan piston dengan sistem geraknya yang memutar pada crankshaft. Kemudian, Connecting rods akan menghubungkan piston pada master rod. Apabila ada pergerakan dari satu piston, biasanya akan otomatis terhubung langsung dengan carnkshaft.

Jenis mesin mobil berdasarkan proses intake udara

Ternyata ada juga jenis mesin mobil berdasarkan udara seperti:

1. Naturally aspirated

Biasanya jenis mesin ini menggunakan intake udara dengan menggunakan atau mengandalkan tekanan atmosfer.

2. Supercharged engine

Ini berbeda dengan yang satunya dimana sistem kerja Supercharged biasanya tergantung dari kompresor dengan tujuan menaikkan tingkat tekanan udara atau lebih jelasnya meningkatkan tekanan udara. Dan kompresor biasanya dikendalikan oleh crankshaft.

3. Turbocharged

Berikut juga salah-satu jenis mesin mobil yang cara kerjanya menggunakan turbin kompresor yang tidak hanya meningkatkan tekanan udara saja tetapi juga meningkatkan kombusi atau pembakaran.

Komponen- Komponen Mesin Mobil

1. Blok Silinder

Mesin mobil dikatakan memiliki berbagai macam komponen dan komponen utama pada setiap mesin mobil adalah Blok silinder. Blok silinder dikatakan memiliki beberapa silinder dan pada masing-masingnya memiliki piston yang letaknya ada pada ujung batang piston.

Dan ujung batang yang lainnya terhubung terhadap poros engkol. Disinilah yang mengakibatkan kerja piston yang naik turun hingga adanya pergerakan pada bagian engkol.

2. Silinder

Komponen lain dari sebuah mesin mobil adalah Silinder. Silinder pada sebuah mesin mobil memiliki tugas yang sangat penting yaitu membentuk panas dan mengirimkannya pada tenaga mekanik. Jika ingin memaksimalkan sistem kerja mesin, pastikan tidak adanya kebocoran gas antara piston dan silinder.

3. Kepala Silinder

Lain silinder lain pula dengan kepala silinder. Kepala silinder pada mesin mobil biasanya terpasang atau tersambung dengan blok silinder dibagian atas yang dibantu oleh baut dan diberikan gasket. Bahan dari kepala silinder ini dikatakan terbuat dari campuran besi dengan aluminium serta adanya pendingin yang juga terhubung kepada blok silinder agar busi dan katub bisa didinginkan.

4. Karter

Karter juga disebut-sebut sebagai bagian dari komponen mesin mobil yang letaknya ada pada bagian bawah blok silinder. Karter juga memiliki tugas yang tidak kalah penting dengan komponen yang lainnya yaitu untuk menampung oli mesin. Ada juga didalamnya memiliki ventilasi yang juga terhubung pada udara luar. Karter juga memiliki gasket yang berada antara bak engkol dengan karter agar terhindar dari adanya kebocoran mesin.

5. Torak atau Piston

Komponen yang lain dari mesin mobil adalah torak atau piston. Ini adalah komponen yang biasanya bekerja dengan sangat cepat dan tahan akan suhu yang sangat panas dan juga tingginya tekanan yang ada. Kepala piston juga memiliki beberapa bagian dimana yang satunya dengan bentuk datar dan yang satunya lagi berbentuk cembung.

6. Batang Piston

Inilah yang disebut-sebut sebagai alat atau komponen yang menghubungkan piston dengan poros engkol.

7. Poros Engkol

Dan ada satu lagi komponen pada mesin mobil yang tidak ketinggalan, itu adalah poros engkol. Fungsi komponen yang satu ini dikatakan bertugas untuk mengubah gerakan piston yang lurus menjadi gerak memutar. Ada juga fungsi lainnya yaitu menjaga atau melindungi pergerakan piston.

Sistem-Sistem Pada Mesin Mobil

1. Sistem Starter

Ini dianggap sebagai sistem gerak. Sesuai dengan namanya, fungsi dari sistem ini dikatakan sebagai penggerak mobil dengan bantuan roda dan poros engkol. Starter yang dianggap sebagai sistem penggerak dikatakan berasal dari baterai yang menghasilkan energi.

2. Sistem Pengapian

Walaupun dikatakan setiap mesin mobil menggunakan bahan bakar yang berbeda, kesemuannya itu pasti ada sistem pengapian. Melalui sistem pengapian inilah yang menimbulkan percikan atau bintik-bintik api untuk membakar bahan bakar. Mesin mobil yang menggunakan bahan bakar bensin sangat berkaitan dengan penyalaan busi.

3. Sistem pendinginan

Setiap mesin kendaraan khususnya mobil tidak hanya membutuhkan sistem pengapian, tetapi juga penting atas adanya sistem pendingin. Sistem pendingin pada kendaraan berfungsi untuk mendinginkan mesin setelah digunakan. Pada setiap kendaraan yang bergerak, pasti akan menghasilkan suhu yang panas yang disebabkan oleh adanya pembakaran. Dan sumber panasnya akan digunakan untuk dijadikan sebagai tenaga penggerak dan meyalurkannya kepada komponen mesin yang lain.

Tidak hanya bersifat sebagai pendingin, sistem pendingin ini juga untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Ada dua prinsip yang dimiliki oleh sistem pendingin tersebut dan diantaranya adalah pendingin yang mengandalkan udara serta pendingin yang mengandalkan air. Cara kerja sistem pendingin yang mengandalkan air adalah dengan mengedarkan air pada setiap saluran yang ada pada mesin. Dan cara kerja sistem pendingin yang mengandalkan udara adalah mengedarkan atau menyebarkan udara dari sirip pendingin.

4. Sistem bahan bakar

Seperti apa yang telah dikatakan sebelumnya, setiap kendaraan terutama mesin mobil pastilah memiliki sistem bahan bakar. Dan fungsi dari sistem ini adalah untuk memasok bahan bakar dan kemudian mencapurkannya dengan udara.

5. Sistem pengisian

Fungsi dari sistem pengisian ini dikatakan sebagai pemasok energi dengan bentuk listrik yang bersumber dari baterai. Dari sinilah energi yang dihasilkan oleh baterai akan menghidupkan kendaraan yang menghasilkan api pada saat melakukan start.

6. Sistem Pelumasan

Ada berbagai fungsi dari sistem pelumas yaitu:

  • Mengatasi serta mencegah terjadinya keausan pada komponen yang berhubungan.
  • Meminimalkan panas pada mesin.
  • Juga meminimalkan gesekan yang sering terjadi.
  • Meminyaki setiap komponen yang bergerak.

7. Sistem pembuangan sisa gas

Fungsi dari sistem ini dikatakan untuk memberikan gas yang berasal dari sisa pembakaran serta meminimalkan adanya suara yang mungkin berasal dari mesin. Pada sistem tersebut, juga terdiri dari beberapa komponen lain seperti pipa pembuangan, saluran pembuangan dan peredam.

Cara Kerja Mesin Mobil

Ada beberapa proses kerja mesin mobil seperti yang disebutkan dibawah ini.

1. Intake

Ini adalah proses yang paling umum dan pasti terjadi pada setiap mesin mobil. Dari proses tersebut, crankshaft akan menarik piston dan mengarahkannya pada bagian dalam silinder. Jika mobil bergerak, maka crankshaft juga akan ikut bergerak. Mesin mobil yang memiliki katub dikatakan akan terbuka sehingga udara dan bahan bakar yang masuk dalam silinder akan tercampur.

2. Compression

Ini adalah proses dimana katub saluran masuk akan ditutup dan pergerakan piston akan menekan antara dua campuran seperti udara dan bahan bakar yang mengakibatkan akan mudah terbakar. Piston yang bergerak keatas silinder, pada saat itu pula steker pacu terbakar.

3. Power

Kompresi yang menghasilkan percikan api akan memicu ledakan kecil dan bahan bakar yang terbakar dikatakan akan menghasilkan gas sehingga mengarahkan piston kebagian bawah. Dari proses tersebut, akan memberikan energi yang dijadikan sebagai tenaga untuk mengerakkan crankshaft.

4. Exhaust

Setelah itu, katub saluran keluar akan terbuka dan crankshaft tidak berhenti berputar sehingga mengakibatkan piston kembali kepada silinder. Disinilah pembakaran yang menghasilkan gas akan dikeluarkan dari knalpot.

Mesin mobil adalah sebagai alat penggerak kendaraan khususnya beroda empat yang didukung oleh adanya bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesin. Mesin mobil yang mengandalkan piston dengan sistem geraknya yang memutar pada crankshaft.

Gays, tujuan kami memberikan artikel tersebut dapat membuat anda lebih pintar serta semakin bertambah pula wawasan anda. Demikian artikel ini kami buat untuk anda, selamat membaca dan sampai bertemu kembali tentunya dengan artikel bermanfat lainnya.