Top

Khusus Pemula, Inilah Beberapa Hal Yang Harus Kalian Ketahui Tentang Renang

Khusus Pemula, Inilah Beberapa Hal Yang Harus Kalian Ketahui Tentang Renang

Berenang memanglah suatu olahraga yang paling banyak peminatnya. Tak hanya dapat menyehatkan tubuh, renang juga menjadi salah satu hiburan yang dillakukan saat sedang berlibur. Renang merupakan salah satu gerakan yang dilakukan di dalam air yang dapat dilakukan oleh manusia dan hewan. Umumnya hewan berenang untuk beberapa tujuan seperti mencari mangsa, mendinginkan suhu tubuh, berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sedangkan manusia menjadikan renang sebagai sarana olahraga, rekreasi, ataupun mencari ikan, mutiara atau hewan air lainnya. Manusia dan hewan dapat berenang di sungai, danau, laut dan kolam renang. Berenang dapat dilakukan oleh siapa saja dari berbagai usia dan kalangan masyarakat.

Nah, jika berbicara mengenai renang, pada artikel kali ini kita akan membahas hal-hal yang bersangkut dengan renang salah satunya adalah macam-macam gaya renang dan lain-lain. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Penjelasan Mengenai Renang

Renang merupakan salah satu cabang olahraga aquatik. Renang adalah upaya untuk menggerakkan (mengapungkan atau mengangkat) semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Renang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan bantuan. Oleh karena itu renang juga merupakan olahraga yang sering dilakukan dalam adu kecepatan seorang atlit dalam berenang. Perenang dinyatakan menang jikalau ia mencapai garis finis lebih dulu.

Sistem permainan renang juga sama dengan olahraga lainnya, seperti adanya sebuah penyisihan, babak semifinal, babak final dan sejenisnya. Dan lomba yang dilakukan juga bermacam-macam, seperti lomba gaya renang bebas, punggung, kupu-kupu, dan juga gaya dada. Maka terlebih dahulu berenang merupakan olahraga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh karena hampir semua otot dan persendian bergerak ketika berenang. Olahraga renang dapat dilakukan oleh siapa saja baik putra maupun putri.

Selain menyenangkan, berenang adalah cara yang bagus untuk tetap bugar dan tetap sehat. Berenang adalah aktivitas yang sehat yang dapat Anda teruskan untuk seumur hidup. Ini adalah aktivitas berdampak rendah yang memiliki banyak manfaat kesehatan fisik dan mental.

Renang merupakan olahraga yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Karena hampir seluruh anggota badan digunakan dalam melakukan olahraga tersebut. Dan juga pada setiap otot tubuh akan berkembang dengan pesat sehingga dapat memeberikan peningkatan kekuatan perenang yang cepat.

Karena bagaimana pun olahraga juga merupakan sebuah olahraga yang dilakukan dengan bantuan air. Permainan ini termasuk juga dalam permainan olahraga air yang dimana seluruh anggota badan bergerak di dalam air. Dalam olahraga renang ini umumnya menggunakan kaki dan tangan, sehingga menyeimbangkan badan agar dapat mengapung di atas permukaan air.

Maka dari itu renang merupakan permainan yang dilakukan di air. Tidak terlalu mementingkan air apa yang digunakan, walaupun itu adalah air tawar maupun air laut. Yang pada intinya olahraga ini hanya dilakukan jika adanya air.

Macam-Macam Gaya Renang

Jika Anda seorang perenang, Anda harus mengambil berbagai teknik berenang sebanyak mungkin. Alasannya adalah masing-masing gaya menggunakan berbagai jenis otot tubuh Anda dan menempatkan tubuh dalam berbagai posisi. Plus, mereka akan sangat penting ketika Anda harus berenang untuk jarak jauh karena belajar gaya berenang dapat mencegah kelelahan dengan memungkinkan tubuh Anda untuk beristirahat di posisi tertentu.

Jika Anda menyukai renang, itu membuat lebih masuk akal untuk mengambil teknik renang yang berbeda karena memberikan Anda kesempatan untuk mengoptimalkan kinerja Anda dalam berbagai acara. Lihat beberapa gaya renang penting di sini:

  • Gaya Bebas

Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.

Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.

Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. Gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa di gunakan oleh beberapa orang, baik yang sudah terlatih maupun para pemula.

  • Gaya Dada

Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Gaya dada atau gaya katak (gaya kodok) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan.

Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional, perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat.

  • Gaya Punggung

Sewaktu berenang gaya punggung, orang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Posisi wajah berada di atas air sehingga orang mudah mengambil napas. Namun perenang hanya dapat melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Dalam gaya punggung, gerakan lengan dan kaki serupa dengan gaya bebas, namun dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

Sewaktu berlomba, berbeda dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu yang semuanya dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.

Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali diperlombakan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang diperlombakan setelah gaya bebas.

  • Gaya Kupu-Kupu

Gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan.

Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Gaya kupu-kupu diciptakan pada tahun 1933, dan merupakan gaya berenang paling baru. Berbeda dari renang gaya lainnya, perenang pemula yang belajar gaya kupu-kupu perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki. Berenang gaya kupu-kupu juga menuntut kekuatan yang lebih besar dari perenang.

Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. Dibandingkan dalam gaya berenang lainnya, perenang gaya kupu-kupu tidak dapat menutupi teknik gerakan yang buruk dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar.

Peralatan Yang Di Perlukan Untuk Berenang?

Jika Anda seorang perenang baru atau perenang pemula, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana semua peralatan ini dimasukkan ke dalam latihan. Di bawah ini Anda akan menemukan petunjuk tentang cara menggunakan berbagai peralatan kolam renang, bersama dengan set pelatihan sampel yang menggabungkan setiap peralatan. Set ini dimaksudkan untuk dilakukan di kolam.  Di sini ada 5 buah perlengkapan renang yang harus dikemas dalam tas berenang yaitu:

  • Baju Renang

Dalam melakukan kegiatan hal tersebut, yang pastinya Anda akan membutuhkan baju renang kecuali jika Anda berencana untuk berenang! Seperti banyak hal lain, teknologi telah memasuki arena baju renang juga. Kain yang dirancang untuk ketahanan minimal melalui air, mereka cenderung bertahan lama, bahkan ketika digunakan berulang kali dalam kolam renang.

Tentu saja, tidak semua dari kita yang akan merasa nyaman dengan pakaian yang minim yang Anda pakai Olympian, tetapi kabar baiknya adalah Anda dapat menemukan pakaian yang lebih sederhana di toko barang olahraga dan department store serta melalui sejumlah vendor online (lihat bagian sumber daya). Kenyamanan adalah kualitas terpenting dalam memilih baju renang. Anda cenderung tidak berenang jika tidak nyaman dengan pakaian Anda.

  • Kacamata

Adalah alat untuk melindungi mata Anda dari klorin (dan apa pun yang mungkin ada di dalam air), dan mereka membantu Anda tetap membuka mata saat Anda berenang sehingga Anda dapat melihat ke mana Anda pergi. Anda bahkan bisa mendapatkan kacamata renang jika Anda memakai kacamata (periksa dengan ahli kacamata Anda untuk ketersediaan). Untuk menemukan kacamata pasangan yang tepat, lakukan hal berikut:

Letakkan kacamata di atas mata Anda tanpa memasang tali di atas kepala Anda. Tekan kacamata ke rongga mata Anda dan lepaskan. Kacamata harus tetap di tempatnya. Bereksperimen sampai Anda menemukan pasangan yang paling pas dengan mata Anda.

  • Topi Mandi

Topi renang bisa digunakan untuk beberapa tujuan. Beberapa manajer kolam renang akan mengharuskan individu dengan rambut panjang untuk memakai topi agar rambut tidak masuk ke kolam, dan beberapa orang hanya ingin melindungi rambut mereka dari klorin di dalam air. Anda juga dapat memutuskan untuk mengenakan topi mandi untuk mengurangi resistensi di dalam air.

Ini benar-benar berfungsi, dan jika Anda ingin meningkatkan waktu Anda sedikit, topi mandi mungkin membantu. Banyak topi yang terbuat dari lateks, meskipun Anda dapat menemukan silikon, neoprene (ini membuat Anda hangat), dan Lycra juga. Pilih yang sesuai dengan kepala Anda dan paling nyaman.

  • Kickboards

Kickboard adalah perangkat yang terbuat dari busa atau bahan lain yang mengapung, dan mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Tujuan utamanya adalah agar Anda bertahan dan tetap mengapung kaki Anda di air untuk melakukan semua pekerjaan. Ini latihan yang bagus untuk mengkoordinasikan tendangan Anda, dan itu dapat memberi Anda istirahat pada lengan.

Salah satu teknik yang saya sarankan untuk perenang yang ingin terus berenang tanpa istirahat adalah meninggalkan kickboard di ujung kolam, dan ketika mereka lelah, ambil kickboard dan lakukan satu atau dua putaran dengan itu sampai mereka mendapatkan lengan mereka kekuatan kembali, dan kemudian jatuhkan kickboard di ujung kolam dan berenang lagi sampai mereka membutuhkan kickboard lagi. Banyak kolam renang tersedia papan luncur untuk dicoba.

  • Tarik Pelampung

Seperti kickboards, tarik pelampung adalah alat pengapung yang datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi tidak seperti kickboard, yang memberikan tubuh bagian atas istirahat, tarik pelampung ditempatkan di antara kaki untuk menjaga kaki mengapung tanpa menendang sehingga tubuh Anda dapat bekerja. Tarik pelampung adalah alat latihan yang sangat baik untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, daya tahan dan kebugaran kardiorespirasi. Mereka juga dapat membantu Anda dengan perlahan dan sengaja tanpa tenggelam.

Manfaat Renang

Berenang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular Anda. Dengan Anda satu jam berenang ini bisa membakar lemak sebanyak kalori yang mengalir, pada tulang dan sendi Anda.

Berenang adalah aktivitas yang paling populer bagi semua orang. Tapi mengapa tepatnya? Ada sejumlah manfaat yang Anda dapat dari berenang secara rutin. Baca terus untuk mengetahui tentang manfaat berenang dan bagaimana menggabungkan berenang ke dalam rutinitas Anda.

1. Membakar Kalori

Berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Bagi Anda yang berat badannya sampai 160 pon, kemungkinan Anda dapat membakar kalori tersebut sekitar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah atau sedang.

Orang yang dapat membakar kalori hingga 715 kalori per jam saat berenang mungkin kecepatan yang lebih kuat. Jadi bagi Anda yang beratnya sampai 200 pon, maka Anda dapat melakukan aktivitas yang sama agar kalori tersebut terbakar antara 528 dan 892 kalori per jam. Untuk itu orang yang berdiameter 240 pon mungkin terbakar antara 632 dan 1.068.

Jadi untuk membandingkan angka-angka ini dengan aktivitas berdampak rendah lainnya, orang yang berat badannya sampai 160 pound hanya akan membakar sekitar 314 kalori dengan berjalan yang kecepatannya itu sampai 3,5 mil per jam selama 60 menit. Yoga bisa membakar hanya 183 kalori per jam. Dan pelatih elips mungkin membakar hanya 365 kalori dalam jam itu.

2. Memperbaiki Tidur Anda

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sebuah penelitian pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia, itu baik dalam peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah melakukan latihan aerobik secara teratur.

Hampir 50 persen orang tua yang mengalami beberapa tingkat insomnia, jadi ini adalah berita bagus. Studi ini berfokus pada semua jenis latihan aerobik, termasuk video elliptical, Stairmaster, sepeda, kolam renang dan latihan.

Maka dari itu berenang juga dapat diakses oleh berbagai orang yang berurusan dengan masalah fisik yang membuat latihan lain, seperti berlari, kurang menarik. Itu bisa membuat berenang menjadi pilihan yang baik untuk orang dewasa yang lebih tua yang ingin memperbaiki tidur mereka.

3. Aman Saat Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil mereka juga dapat memetik hasil luar biasa dari berenang. Dalam sebuah penelitian berenang dapat ditunjukkan untuk mengubah perkembangan otak pada keturunannya. Bahkan dapat melindungi bayi terhadap jenis masalah neurologis yang disebut hipoksia-iskemia, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan. Selain manfaat potensial untuk anak, berenang adalah kegiatan yang dapat dilakukan di semua tiga trimester.

Studi lain menunjukkan tidak ada efek buruk berenang di kolam yang diklorinasi saat hamil. Faktanya, wanita hamil yang berenang selama awal hingga pertengahan kehamilan dapat memiliki risiko lebih rendah dari persalinan prematur dan cacat bawaan.

Perlu diingat bahwa saat berenang umumnya dianggap aman selama kehamilan, beberapa wanita mungkin memiliki pembatasan aktivitas karena komplikasi dalam kehamilan. Sehingga hal tersebut dapat di bicarakan oleh dokter sebelum memulai program olahraga baru selama kehamilan, dan jika Anda memiliki komplikasi, tanyakan tentang kegiatan yang aman.

4. Bagus Untuk Anak-Anak

Bagi Anak-anak yang membutuhkan hal tersebut ini juga dapat dilakukan minimal 60 menit latihan aerobik setiap hari. Tidak perlu merasa seperti tugas juga. Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan dan tidak perlu merasa seperti berolahraga formal. Karena bagaimana pun Anak Anda dapat melakukan pelajaran renang terstruktur atau menjadi bagian dari tim renang. Waktu berenang tidak terstruktur adalah pilihan lain yang kuat untuk membuat anak-anak bergerak.

5. Meredakan Stress

Gerakan yang anda lakukan saat di dalam air akan mengakibatkan hormon endorfin dalam otak semakin meningkat. Dikarenakan hal tersebut akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang yang mengakibatkan menurunnya tingkat stres anda. Walupun hanya bersentuhan dengan air, hal tersebut sudah sedikit memberikan kesejukan bagi tubuh anda.

6. Bagus Untuk Penderita Asma

Lingkungan kolam renang dalam ruangan yang lembab membuat aktivitas berenang yang luar biasa bagi penderita asma. Tidak hanya itu, tetapi latihan pernapasan juga terkait dengan olahraga, seperti menahan nafas, yang dapat membantu Anda memperluas kapasitas paru-paru dan mengendalikan pernapasan Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan risiko Anda untuk asma karena bahan kimia yang digunakan untuk mengobati kolam. Bicaralah dengan dokter Anda tentang potensi risiko berenang jika Anda menderita asma, dan jika mungkin, carilah kolam renang yang menggunakan air garam, bukan klorin.

7. Mengurangi Rasa Sakit

Berenang dapat membantu mengurangi rasa sakit atau memperbaiki pemulihan dari cedera. Satu penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan osteoarthritis melaporkan pengurangan yang signifikan pada nyeri dan kekakuan sendi dan mengalami keterbatasan fisik yang kurang setelah terlibat dalam kegiatan seperti berenang dan bersepeda.

Yang lebih menarik, ada sedikit atau ada perbedaan dalam manfaat antara kedua kelompok. Jadi, berenang tampaknya memiliki banyak manfaat yang sama seperti latihan darat yang sering ditentukan. Jika Anda ingin aktivitas air non-renang, cobalah cukai air ini untuk penderita radang sendi.

8. Penyembuhan Kanker Payudara

Para ahli medis menunjukkan bahwa ada manfaat renang bagi para pasien kanker payudara yang telah menjalani operasi untuk menguatkan otot-otot mereka yang melemah. Akan tetapi, para ahli medis menyarankan agar semua pasien kanker payudara berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk rutin berenang.

9. Memperkuat Stamina

Bagi orang-orang yang berenag secara teratur hal ini sangat bagus dikarena ini akan memiliki daya tahan jantung yang kuat serta stamina otot yang bagus. Maka dari itu mereka juga dapat sembuh dari cedera otot. Akan tetapi, jika merasa tubuh Anda saat ini gampang capek, mungkin manfaat dari renang sangat bagus bagi tubuh karena ini dapat membantu memperkuat stamina tubuh.

Resiko Dari Berenang

Berenang adalah bentuk latihan yang sangat baik. Tetapi seperti banyak kegiatan, berenang di kolam renang memiliki sisi buruknya. Meskipun ada upaya untuk mendesinfeksi kolam, beberapa patogen mungkin masih bersembunyi di air. Dan penelitian menunjukkan bahwa disinfektan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan mereka sendiri.

Berenang di kolam yang diklorinasi, terutama kolam renang dalam ruangan, dapat menempatkan anak-anak pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit pernapasan, termasuk asma dan demam. Selain itu, ada bukti bahwa produk sampingan disinfektan terbentuk ketika air yang diklorinasi dicampur dengan mikroorganisme, cairan tubuh manusia, kosmetik dan tabir surya yang dapat merusak DNA Anda dan meningkatkan risiko kanker.

Ini terdengar agak mengkhawatirkan. Apakah itu berarti kita harus menjauhkan anak-anak dari kolam? Belum tentu. Itu tergantung pada kolam renang. Dan kita harus ingat. Sebagian besar penelitian menyangkut anak-anak yang berenang secara teratur. Beberapa kunjungan ke kolam renang akan menyebabkan masalah kesehatan. Jadi ada alasannya yaitu alasan untuk khawatir, tidak panik, dan orang tua tidak boleh merasa tidak berdaya tentang potensi risiko.

Berikut ini adalah ikhtisar dari penelitian terbaru tentang kolam renang, patogen dan disinfektan. Di akhir artikel ini saya akan menawarkan tips tentang cara meminimalkan risiko pada anak Anda.

Itulah pengertian renang secara lengkap yang dapat saya sampaikan. Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan postingan ini pada teman kalian dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan di kolom komentar.