Top

Beberapa Hal Yang Wajib Diketahui Para Blogger Khususnya Bagi Pemula

Beberapa Hal Yang Wajib Diketahui Para Blogger Khususnya Bagi Pemula

Bagi anda yang sangat suka sekali atau hobi dalam menulis, banyak kesempatan besar bagi anda untuk dapat menulis pada sebuah blog. Anda yang mungkin tidak mengetahui apa itu Blog, dapat mencari tahunya disini. Disarankan jangan kemana-mana dan simak saja semua penjelasannya yang ada dibawah ini.

Dan yang dimaksudkan dengan Blog disini adalah bagian dari Web yang bersifat Online dimana didalamnya terdiri dari tulisan atau gambar yang bisanya tertampil atau tertulis pada halaman Web. Biasanya blog dibuat berdasarkan apa yang akan dibahas oleh pengguna blog tersebut.

Jenis- Jenis Blog

Setelah kita mengetahui penjelasannya seperti yang ada diatas, penting juga bagi kita untuk mengetahui berbagai macam jenis Blog seperti yang disebutkan dibawah ini.

1. Blog Pribadi

Yang dimaksudkan dengan blog pribadi disini adalah dimana seseorang yang menuliskan sesuatu hal yang sangat berkaitan dengan kehidupannya sehari-hari. Jenis blog yang satu ini dapat disebutkan sebagai buku online dimana isinya yang beraneka ragam. Sesuai dengan namanya, blog yang bersifat pribadi ini dikatakan tidak menghasilkan uang dan pemiliknya akan selalu senantiasa menulis pada blog yang dimilikinya.

2. Blog otoritas (authority blogs)

Ini adalah salah-satu jenis blog yang berasal dari para blogger. Biasanya blog ini dibuat dengan tujuan agar menjadi ahli sesuai dengan apa yang menjadi pokok pembahasannya.

Tujuan dari blog yang sebenarnya adalah untuk mengundang pengunjung dan ini tidak berlaku pada blog otoritas mengundang pengunjung dari mesin pencari, melainkan dari beberapa sosial media seperti Facebook, Twitter dan Pinterest.

Blog otoritas yang sangat berhubungan dengan konten pada umumnya tidak terdiri dari kata kunci. Maka dari itu, blog yang satu ini sangat banyak diisi dengan artikel bermanfaat.

3. Blog Niche

Ini tidak seperti dengan blog otoritas dimana blog niche memiliki kata kunci agar dapat masuk pada halaman mesin pencari. Blog ini dibuat terdiri dari beberapa pola seperti riset kata kunci, pembuatan konten dan optimasi di mesin pencari.

Blog ini sangat tergantung dari adanya pengunjung yang berasal dari Google dimana pemilik blog niche berusaha untuk mendapatkan backlink dari sumber yang ada supaya artikel yang mereka miliki berada pada urutan halaman pertama pada mesin pencari atau Google sesuai dengan kata kunci yang dibuat.

Berdasarkan ketergantungannya untuk mendapatkan pengunjug dari Google, bisa saja suatu saat blog niche akan kehilangan pengunjung dengan waktu yang singkat apabila Google melakukan perubahan algoritma pencariannya.

4. Blog Perusahaan

Blog dikatakan sangat berkaitan dengan Website. Setiap orang sah-sah saja untuk memiliki sebuah blog begitu juga pada setiap perusahaan. Biasanya perusahaan menggunakan blog untuk memberikan informasi penting yang sangat berhubungan dengan perusahaan tersebut.

5. Blog spam

Ternyata ada sebuah blog yang tidak mementingkan kualitas dan itu adalag Blog spam. Ini dianggap sebagai sebuah blog automatically generated content (AGC) dimana orang yang memiliki blog seperti ini mengambil keuntungan atau konten dari Web lain sehingga tidak bersusah payah membuat konten.

Dengan begitu, blog yang satu ini sering sekali mengalami masalah seperti komplain dari pemilik blog yang merasa dirugikan. Selain itu, ini juga menjadi bulan-bulanan Google dengan menghapus hasil pencariannya.

Elemen Dan Komponen Pada Blog

Setelah merincikan beberapa jenis Blog seperti yang ada diatas, tidak sah rasanya apabila tidak mencari tahu elemen dan komponen pada blog.

Komponen Dasar

1. Title

Ini adalah sebuah judul pada halaman Web dimana letaknya pada titlebar browser.

2. Nama Domain

Nama domain yang dimaksudkan disini adalah sebuah nama unik yang berasal dari Web. Nama domain biasanya digunakan untuk mempermudah dalam mengingat nama Web.

3. Alamat URL

Setiap Web dikatakan memiliki yang namanya URL atau Uniform Resource Locator. Ini bisa disebutkan sebagai alamat lengkap Web yang letaknya biasa pada addressbar browser. Walaupun URL terdiri dari berbagai macam, akan tetapi tidak luput dengan nama domain.

4. Link atau tautan

Link bisa dianggap sebagai rujukan atau sebagai sambungan yang bisa tertuju pada sumber lainnya. Ini juga bisa dikarkulasikan sebagai pintu masuk pada halaman yang sama maupun halaman yang berbeda.

5. Header

Ini merupakan bagian dari Web yang terletak pada bagian atas. Ini dari Header biasanya nama situs, logo dan deskripsinya. Fungsi header dikatakan penunjuk identitas dari situs.

6. Konten atau Isi

Ini adalah hal yang peling penting pada setiap Blog atau juga Web. Ini merupakan informasi penting dimana letaknya pada bagian tengah.

Elemen yang ada pada Blog

1. Sidebar

Sidebar merupakan bagian dari blog atau web dimana letaknya pada sisi konten. Isi dari sidebar biasanya berupa informasi tambahan dari Web seperti widget. Berdasarkan letaknya yang ada pada sisi kanan dan kiri dimana bagian kiri berisi widget kategori dan bagian kanan berupa post yang populer.

Walaupun letak sidebar tergantung apa yang dinginkan masing-masing blog, namun ada juga blog tanpa adanya sidebar dan ada yang letaknya hanya satu pada bagian kanan atau kiri serta juga masing-masing sisi memiliki sidebar.

2. Widget

Widget juga bagian dari blog dengan informasi serta fungsi yang tertentu dimana letaknya tidak mesti berdekatan dengan sidebar. Letak Widget juga bisa ditemukan pada bagian atas posting serta footer bahkan header.

3. Footer

Biasanya letak Footer pada bagian yang paling bawah Web. Footer dianggap sebagai kaki yang berisi pemberitahuan atau informasi hak cipta dan lain sebagainya. Selain itu, footer juga disebut-sebut sebagai tempatnya dalam menampilkan widget.

4. Navbar

Ini adalah singkatan dari Navigation bar yang juga dianggap sebagai bagian dari blog atau Web dimana letaknya sering ditemukan paling atas yang bergerak atau melayang. Fungsi Navbar adalah untuk memudahkan tertuju pada sebuah situs yang berupa link.

5. Menu

Menu pada blog atau web dikatakan biasanya berisi Link yang pada saat di klik akan mengubah tampilannya atau akan berada pada halaman tertentu. Walaupun fungsinya hampir sama dengan Navbar, tapi yang bikin beda disini adalah dimana tampilan menu tidak melayang atau bergerak. Dan letaknya biasa pada bagian bawah atau atas header.

6. Breadcrumb

Breadcrumb juga dianggap sebagai bagian dari blog dimana bentuknya yang panjang dan disertai dengan isi mengenai letak, posisi serta halaman yang sedang disinggahi tersebut. Biasanya letak dari elemen ini sering ditemukan pada halaman posting yang posisinya tepat dibagian atas judul.

7. Form

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, ini disebut sebagai formulir dimana fungsi Form pada Web atau blog dapat memasukkan atau penginputan data. Ada beberapa cara input Form pada Blog eperti Textfield, Password, ComboBox, Textarea, Radio, Checkbox, Button dan lain sebaainya.

8. Sharing button bar (Bar tombol berbagi)

Inilah yang disebut-sebut sebagai tempatnya tombol berbagi pada media sosial. Disini disebutkan bahwa fungsi dari tombol berbagi ini yang sesuai dengan namanya tidak lain untuk membagikan postingan untuk pengunjung.

9. Popup

Mungkin ini terdengar asing bagi anda khususnya kaum awam. Dalam dunia Blog atau Web, popup dapat diartikan sebagai elemen yang akan timbul pada saat mengklik link tertentu. Popup juga bisa disebutkan sesuatu hal atau jendela yang didalamnya terdiri dari beberapa informasi. Pada saat popup di klik, disitulah akan timbul yang namany jendela popup dan yang lainnya.

Bagi anda yang sangat suka sekali menulis terutama menulis pada sebuah blog yang anda miliki, kiranya penting untuk anda ketahui seperti apakah kelebihan dan kekurangan blog.

Kelebihan dan Kekurangan Blog

Setiap perangkat yang dibuat oleh manusia pastinya memiliki yang namanya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Nah sama halnya dengan blog. Blog sendiri juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan yang wajib diketahui khususnya para bloger pemula.

Kelebihan

  • Prosesnya sangat mudah dalam membuat sebuah account.
  • Bisa mendapatkan bantuan jika menambah kode AdSense.
  • Dikatakan sangat sederhana dan mudah sekali untuk dimengerti.
  • Dalam pilihan bahasa, tersedianya bahasa Indonesia.
  • Dapat mengedit File CSS.
  • Adminnya yang sederhana.
  • Berkesempatan bisa memiliki lebih dari satu blog.

Kekurangan

  • Tampilan dashboard diktakan sangat sederhana.
  • Terlalu sedikitnya Pilihan template sehingga banyak tampilan blog yang sejenis.
  • Untuk memberikan komentar, wajib membuka halaman baru.

Langkah-langkah membuat blog

Bagi anda yang ingin membuat blog, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka situs blogger.com. Setelah itu, untuk mendapatkan blog baru disarankan untuk mengklik CREATE YOUR BLOG.
  • Selanjutnya dengan memasukkan alamat Gmail. Kemudian pilih berikutnya.
  • Dan anda diwajibkan untuk mengisi password akun gmail dan pilih berikutnya.
  • Setelah itu, pilih profil sesuai apa yang anda inginkan. Biasanya ini menggunakan profil Googleplus atau profil Blogger biasa. Agar berjalan dengan lancar, disarankan menggunakan profil Google plus.
  • Pada kolom profil biasanya terisi otomatis. Kemudian memilih CREATE PROFILE.
  • Selanjutnya, tergantung dengan anda mau menambah foto profil atau tidak dan pilih SKIP.
  • Apabila profil Google plus telah selesai dibuat, kemudian pilih lanjutkan ke Blogger.
  • Agar mendapatkan blog baru, disarankan untuk memilih dan menekan tombol BUAT BLOG BARU yang letaknya pada bagian samping kanan.
  • Sesudahnya, anda akan disajikan seperti yang ada dibawah ini untuk segera diisi seperti:
  1. Mengisi judul blog baru
  2. Mengisi alamat URL seperti nesabatekno.blogspot.com dan agar tidak terlalu repot anda bisa mengetiknya seperti ini: nesabatekno hingga muncul nesabatekno.blogspot.com. Apabila menimbulkan tanda centang tepat disampingnya, itu artinya blog yang dituliskan tadi telah tersedia.
  3. Lalu memilih tema sesuai yang anda inginkan.
  • Sehabis itu, sehubungan blog yang baru, anda harus melakukan pilihan Buat blog.

Bagaimana Cara Menulis Konten Pada Blog?

Setelah anda selesai melakukan semua langkah yang ada diatas, berhubungan anda yang masih baru untuk terjun didalamnya dan ingin menulis pada blog yang baru anda miliki, pasti anda bertanda tanya bagaimanakah caranya menulis konten pada blog? Ikuti saja caranya yang ada dibawah ini.

  • Sebelum menulis, lebih dulu untuk anda mengklik tombol Entri baru.
  • Setelahnya itu, ada beberapa hal penting yang harus anda mengerti sebelum melakukan penulisan seperti yang ada pada berikut ini:
  1. Sebelum menulis, lebih dulu untuk mempertimbangkan judul konten yang kan anda buat.
  2. Lalu, penting juga bagi anda untuk memperhatikan seperti Publish, Save atau menyimpan serta preview konten sebelum anda mempostingnya.
  3. Untuk memulai melalukan penulisan, layaknya untuk anda ketahui bahwasanya ada dua model dalam setiap penulisan konten seperti mode Compose dan mode HTML. Biasanya, untuk penulisan terhadap blog biasanya menggunakan mode tulisan Compose. Dan bagi anda yang baru pertama kali melakukan ini, untuk tahap awal sebaiknya menggunakan mode tulisan Compose.
  4. Sebelum mengisi konten, jangan lupa memahami Menu formatting toolbar. Biasanya ini digunakan dalam mengolah atau memperbaharui konten.
  5. Dan barulah anda boleh memulai menulisnya atau mengisi konten.
  • Apabila konten telah selesai dituliskan dan siap untuk dipublikasikan, anda diharuskan untuk mengklik Publish.

Blog adalah bagian dari Web yang bersifat Online yang didalamnya terdiri dari tulisan atau gambar yang biasanya tertampil atau tertulis pada halaman Web. Biasanya blog dibuat berdasarkan apa yang akan dibahas oleh pengguna blog tersebut. Dan mungkin dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang blog dan membuat anda sebagai pemula menjadi lebih mengetahuinya lagi.